Kesaksian Xavier Maryanne Tracey, 9 thn - Tumor ovarium

Kesaksian ini bermula di bulan maret 2013, 1 bln setelah ulang tahun xavier yg ke 9. 
 Dimana saat semua hal telah berlalu, sy menjadi tau bahwa pertolongan Tuhan tak terbatas, tak pernah terlambat dan jika kita angkat tangan...maka Dia akan turun tangan.

sekitar 2 bln sblmnya, xavier bbrp x mengatakan pd sy saat sedang tiduran tlentsng..kok perutnya keras bagian bawahnya. Sy tny, sakit atau ada rasa keram atau apa tidak?.Xavier blg tidak. Krn dia tidak ada keluhan apapn, semua itu terlewatkn begitu saja.

Tp selama 2 bln itu kok jk telentang makin membesar spt gundukan dibawah perut. Lalu suatu malam suami sy blg ini kok keras n tidak biasa ya. Bsk kt coba bw ke dokter.

Saat di dokter, dokter bilang ini ada benjolan diperutnya. Tapi untuk make sure benjolan apa, harus di USG. Bisa saja Xavier sudah mulai мau menstruasi tp terhambat menjadi gumpalan darah yg tidak bs keluar. 

Pada hari yg sama kami brtemu 2 dokter lainnya yg stlh di USG mengatakan kemungkinan besar ini adalah tumor!.Tp utk tau kepastiannya hrs blood check dg hasil br keluar 3hr.

Dunia gelap seketika. Malam itu juga kami memutuskan besok bertolak ke penang utk cek ulang.

tumor adl penyakit yg membuat trauma saya pribadi krn pengalaman buruk yg saya alami. Mama saya meninggal dg menurunnya daya tahan tubuh scr perlahan krn tidak kuat melawan rfek kemotherapy yg dia jalani. Dan saat ini, kejadian terulang kembali, terjadi pada putri saya sendiri. Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, anak sekecil ini akan mengalami hal ini.

Pagi berikut, kami tiba di Penang dg harapan bahwa itu bukanlah apa2. Disana xv di USG, blood check dan CT Scan. Hasilnya adl: ada benjolan sebesar 15cm di ovariumnya dan jalan satu2nya adl harus di operasi. dokter blm berani mengatakn benjolan apa itu, krn stlh di operasi, baru nanti benjolannya akan di patology.

Tanpa menunggu lama, bsk メανιєя dirujuk utk di operasi. Malam seblum メανιєя di operasi, saat smua sudah tertidur, diluar hujan deras luar biasa, sy duduk disebelah メανιєя, menangis dgn perasaan kacau yang sangat menyesakkan. Sy berdoa dg kalapnya, sy memohon pd Tuhan agar メανιєя tdk jd di operasi.
Tuhan,sy byk mendengar dan membaca bahwa kau bs menyembuhkan. Tolong Tuhan, lenyapkan benjolan ini. Shg bsk pagi, メανιєя tdk jadi di operasi. Sy berdoa berjam2, sy pegang benjolannya, dan... benjolan itu masih ada disana.

Pagi, 27 maret 2013, kami mendamping メανιєя menjalani prosedur pra operasi. Berkali2 メανιєя menangis agak takut, tp sungguh メανιєя anak yg tabah. Dia tau kami org tuanya dan kakaknya selalu mendampingi dia. Dan dia percaya bahwa Tuhan Yesus menolong dia.
Saat mulai masuk ke ruang tunggu operasi, メανιєя menangis tersedu2. Sy memeluknya dg hati hancur, masih berharap terjadi mukjijat saat itu jg. sy peluk メανιєя, sy blg nanti dia akan tertidur saat benjolannya dikeluarkan. Jd メανιєя tidak sakit apa2. Saat bangun, bnjolan itu sudah tidak ada lg disana. Dia bertny bgmn dia bs tertidur. Sy blg nanti di mulut dan hidungnya akan ditutup, dia akan menghirup semanyam uap lalu tertidur. Sy berjanji pd メανιєя, saya adl org terakhr yg dia lihat sblm nanti dia tertidur, dan saya jg org pertama dia lihat saat dia nanti terbangun.

Puji Tuhan, dokter xavier sangat baik. Dia memeluk sy, dan dia blg akan melakukan yg terbaik utk メανιєя. Dia jg berjanji akan memanggil sy sebelum メανιєя siuman nanti.
Sy meminta dokter anestesi, agar sy yg memegang tutup mulut yang akan dihirup oleh メανιєя supaya sayalah org terakhr yg dia lihat sblm tertidur. Dengan sebelah tgn sy memengang alat itu, dan sebelah lg menggenggam tgnnya, perlahan2 sy melihat matanya menutup.Saat itu sy merasa org yang paling merana di dunia.

Dokter bilang, operasi akan berlangsung slma 2 jam. 2 jam kami bertiga duduk di ruang tunggu, bergabung dg bbrp org lainnya. Selama. Waktu menunggu yg terpanjang dlm hidup sy, tak henti sy berdoa-menangis-menbaca buku renungan-membaca alkitab.

Tiba2 baru 1,5 jam sy dipanggil. Sy sontak berdiri. Dokter blg operasi brrjalan amat lancar mknya lbh cpt dr rencana awal. Benjokan tidak melekat dimanapun shg mudah diangkat.

Srhabis operasi dokter menganjurkan メανιєя diberi obat penawar sakit, krn dikhawatirkan nyeri di perut bekas operasi. Sy bertny pd メανιєя, apakah sakit. Dia blg tidak. Dokter gelang2 kepala. Hebat sekali kamu tidak sakit. Dokter blg, lbh baik diberi obat penahan sakit. Krn jika tidak, saat sakit mulai dtg, obat baru akan bereaksi 5-10 mnt kemudian. Sy berfikir sejenak, lalu melihat kondisi メανιєя yg prima dan mengimaninya, sy katakan tidak usah.
Puji syukur tak habis2nya. Selama di rawat, メανιєя tidak mengalami rasa sakit sedikitpun. Dokter dan suster2 sampai takjud. Mereka berkata: 'ώoώ....., you are very strong!. Praised the Lord!. Dia bs jalan sana sini hari berikutnya. Bosan di kamar. Mengeluh lapar terus,tidur dg kaki diangkat sana sini. Sampai kami check out dr rmh sakit, メανιєя tidak sekalipun mengeluh sakit pd bekas jahitannya. Seperti org normal saja. Halleluya!.

Saat hasil patologi keluar, Dr berkata: Vera, i have a good news for you and I have a bad news. I'll tell u the bad first. Yes, it is a tumor. And she has to get a chemoterapy to complete all the prosedure. But...the good news is, this tumor is curable. Ini bukan tumor yg berbahaya. Amat sensitif dg kemoterapi shg mudah disembuhkan. Jenis benjolan メανιєя adalah yolk sac tumor.
Tumor di ovarium.

Suami sy menangis saat itu jg, sy gemetaran hebat tanpa mengeluarkan air mata setitikpun. I'm lost!. Saya mimpi. Ini apa????. Ayo bangun.
Lalu sy bertny: bagaimana jk tidak dikemoterapi?. Kan sudah diperasi!. Dr menjawab: saya akan marah padamu, vera. Saya ingin melihat メανιєя tumbuh dewasa, menikah.sy mau menghadiri pernikahan dia. Tidak apa2 menjalani kemoterapi sebentar, lalu dia akan sembuh.
Ingin saat itu jg saya melonjak berdiri, berteriak dihadapannya, dan berkata: ibu saya kena kanker. Dia di kemoterapi, lalu dia meninggal!!!!!. Tp sy tdk lg py tenaga utk melakukan apa2 selain duduk diam dg tubuh ttp gemetar. Suster mengusap punggung saya sambil berbisik pelan, menangis sj jk kau ingin menangis. Tidak apa2. Saya berbalik, lalu dia memeluk sy.

 ini terjadi pada keluarga kami. Dunia kami runtuh!. Sy menolak kemo. Sy tdk mau anak sy di kemo. Tuhan bs lakukan krajaiban tanpa kemoterapy. Titik.
Lalu km bw xavier ke spore. 
 Hasilnya sama, harus di kemo 6x. Efek2 yg disebutkan jg sama.. yaitu kemungkinan mengganggu pendengarannya, mempengaruhi ginjalnya. Dia jg akan mual2 bahkan muntah2. Dan yg mengejutkan sy, krn メανιєя masih kecil, anak2 yg di kemo, tidak bs melalui infus di tgn. akan dilakukan melalui port cath. Port cath adalah saluran seperti infus, yg dipasang di dada,dg jalan operasi lalu ditanam semacam keran. Jd obat kemo dimasukkan ke lubang port cath krn slaurannya lbh besar. Infus tidak dianjurkan krn nadi anak2 kecil, sulit utk dilakukan kemo lewat sana. Dan jk kemo sudah selesai, port cath tdk bs langsung dibuka. Minimal 6 bln didepan baru bisa dibuka. Selama blm dibuka, spy tdk mampet, tiap bulan hrs di flushing dg biaya yg tdk sedikit jg.  semakin kalut lah saya. Anak sy hrs dioperasi lg!. 

Kemoterapi akan dilakukan 6x. Kemo diberikan 3hr berturut2 utk setiap x kemo. Selama 3 hari berturut2 kemo..xv hrs dirawat inap di RS. Jeda 3 minggu Lalu di kemo berikutnya. Dlm perhitungan kami, berrti itu memakan waktu 5 bln. Dokter tdk bisa menjamin pasti 3 minggu bisa di kemo berikutnya.  Harus dipantau jg sel darah メανιєя. Krn jk di kemo, sel darah merah, putih, trombosit akan merosot, mengakibatkan tubuh anak menjadi rentan bakteri. Jd kondisi spt itu, kemo berikutnya akan tertunda.

Jenis tumor メανιєя ini mudah dideteksi dg darah yaitu AFP. Dlm hitungan 5 hr, AFP harus drop 50 %. Begitu seterusnya sampai mencapai angka normal yaitu dibawah 15. Saat di penang, AFP メανιєя lbh besar dr 20.000. Jd kami tdk tau brp angka pastinya. Di spore di cek lg AFPnya, 36.000. Sy bertny apakh mgkn AFP turun 50 % tanpa kemo. Dokter gelang2. Kami pulang tanpa hasil krn sy masih menentang kemo.

Lalu sy masih menawar, boleh tidak jk di kemo, lewat infus. Mrk blg tidak bisa, krn nadi anak itu kecil sekali. Ditusuk masukkan jarum saja blm tntu dpt nadinya. Nah ini harus dilalui obat kemo selama 3x 24 jam. Kαレo pun bs ketemu nadinya, nanti kαレo merembes keluar obatnya, cairan itu bs membakar kulitnya, dan cairan bs expired. Pdhl obat kemo itu mahal sekali. Itu br 1 x kemo. Bsk2 kαレo mau kemo lg, hrs tusuk cr nadi lg. Kαレo ga dpt,gmn. Jd jalan yg benar adl lewat port cath.

Belum lg biaya yg dipaparkan sungguh bukan lagi fantastis, tapi super bombastis.  Blm lg biaya slama sy hidup disana nanti, sewa apartemen, dan lain2. Dokter mengajurkan selama kemo, kami tinggal di spore guna memantau kondisi xv.

Sy masi berharap AFP bs turun scr alami krn toh sudah operasi. Sy bergumul, menangis, berdoa, berharap AFP drop dg alami shg tdk perlu di kemo. Sy bertegak tengguk tdk mau di kemo. Sy marah dg suami kαレo saat kami doa bersama, dia blg biar terjadilah kehendakMu ya Tuhan. Suami sy blg, ayo berserah saja. Sy blg, kan sy mau meminta, memohon, menghiba dg Tuhan utk tolong sy. Kamu tdk tau betapa mengerikannya kemoterapi itu, sy menangis jerit2. Sy alami sendiri, sy melihat dg mata kepala sy sndr mama sy melemah pelan2 krn kemo itu. Demi itu, smua sy jalani. Puasa ester 3x24 jam tanpa makan dan minum, setiap saat sy perkatakan firman yg saya catat dikertas.


Minggu pertama turun AFP 30 %. Minggu ke 2 turun 20 %, minggu ke 3, justru naik melonjak!. Sontak saat itu jg, sy pasrah. Sy menyerah. Sy bilang dg suami sy oke, lets do the chemo!. Sy merasa kalah!.

Kami berpacu dg waktu. Setiap 5 hari AFP akan naik. Hari itu rabu, sedangkan kami baru janji dg dokter Spore hari senin. Klpun kt terbang skrg ke spore, kt ga bs ktmu dia. Tp kαレo tunggu sampai senin, brrti AFP akan makin naik. Artinya akan ada penyebaran. Saat itu jg suami putuskan, apapun yg terjadi, rabu itu jg, berangkat!.

Tp tiba2 kami ingat, suami sudah beli tiket utk ke penang hr kamis. Dg tujuan mengambil patology slide  tumor メανιєя utk diteliti lg di spore. Akhrbya kami berangkat dg ditemani sahabat sy,heny.

Tiba disingapore, dokter kami off. Sy di over ke dokter jaga. Di cek ini itu, tanpa arti. Sy pusing 7 keliling. Dokter gak ketemu, di tes ini itu gak jelas, sy bingung. . Lalu tiba2 papa sy ☎. Kebetulan saudara sy sedang menemani papanya cek up di gleneasgles hospital. Krn akrab, mrk bs langsung masukkan nama xavier utk ketemu dokter disana. itu bukan onko anak tp semoga dr dia bs direfer ke dokter onko lain. Yg bs lgsg tangani メανιєя.

Baru tutup ☎, masuk sms dr teman tante sy, kalo dia ada kenalan dokter onko terkenal di spore. , carmen Wong. ia jadwalkan sy hari itu jam 5 sore.

Tiba di klinik carmen wong, sy melihat pasien2 yg sedang di kemo. Kurus, pucat, kulitnya kering dan tatapan layu. Sy lemas. Ini wajah yg sama yg saya lihat pada wajah mama saya. dan sebentar lg akan sy lihat pd anak sy.

Carmen wong terkejut krn pasiennya seorg anak. Dia blg dia tdk tangani pasien anak. Sy menangis. Sy blg: "Tolong handle anak sy.smpai skrg keliling sn sini tp blm ketemu dokter. Gmn anak sy?!. 
Dia rekomen sy ke dokter di NUH Hospital. Kenalan dia. Sy sudah terlalu lelah batin.sy blg sy tdk mau. Please jgn berikan sy dokter lain lg.sy mau anda. Dia blg coba dl dtgin bsk. Dia dokter yg baik. Lalu sy plg.

Malamnya di hotel, saat メανιєя dan ci heny sudah tidur, sy tak bs melupakan moment malam itu. Sy duduk di sofa, sy pegang alkitab, sy meringkuk menangis berdoa. Kali ini sy merasakan suasana yg berbeda dr doa2 dan tangisan2an sy sebelumnya. Sy blg sm Tuhan, Tuhan....mengapa rasanya semua pintu tertutup dihadapan sy. Mengapa seakan semua doa saya mental. Seakan sy berbicara sendiri. Sy sudah lakukan segalanya. Sy berpuasa sampai mau pingsan, 3hr 3 malam tdk makan/minum, sy perkatakan firman setiap saat, semua firman yg diberikan mentor sy, sy simpan,sy baca berulang2 dg suara keras. Sy yakini, mintalah...maka kamu akan diberi. Sy bukan lg meminta, Bapa...tp sy memohon...menghiba bagai seekor anjing yg menanti remah2 roti jatuh dr meja tuannya. Tp mengapa aku tdk temukan jalan. Tolong Tuhan, besok tunjukkan jalan bagi saya. 1 saja. Give me a sign Jesus, bahwa Kau tidak lalui doa2 saya. Bahwa kau mendengar doa sy. Lalu sy pergi tidur.

Pagi Saat sy Tiba di NUH, admissionnya bingung krn sy tdk ada appointment. Sy dtg cm dg membawa sobekan kertas tulisan tangan dr Karmen nama Prof. QUAH di NUH dan lantai berapa ruangannya. Sy tdk py bukti bahwa Dr. Karmen yg refer sy. Sy blg, dr carmen teman prof ini yg refer sy kesini.
 Adminnya baik sekali, dia suruh sy tunggu lalu masuk ek ruangan prof. Saat keluar, sy lgsg diberi nomor antrian. Artinya sy bs ketemu beliau. 
Sambil menunggu, sy mulai melihat sekitarnya. Suasananya seperti sekolah kindergerten dibanding rumah sakit. Tembvok warna warni ceria, dg tulisan kanak2 besar2. Brrbeda sekali dg Rumah sakit lainnya. Tp byk pasien anak2 mondar mandir dg masker tertutup. Sy down lg. Saat pintu terbuka, sy mengintip ke dalam, duduk seorg dokter berumur sekitar 60th, berkacamata. Beliau mulai menjelaskan lg dr awal. Sy paparkan smua hasil xavier dan CD hasil patologi xavier. Dr sekian byk dokter yg sudah sy temui, dia satu2nya dokter yg membuka dan melihat CD itu.
Dg tenang dia jelaskan semua. Dan yg membuat sy senang.. semua hal menjadi mudah bagi dokter ini. Beliau katakan bahwa selama kemo xavier tdk perlu rawat inap. Boleh pulang hari. Bsk dtg lg di kemo, begitu seterusnya. Justru Prof. Quah blg dia lbh senang kl xavier tdk stay di rs krn virus di rs itu tdk baik.

Dan xv tidak perlu pasang port, bisa lewat infus!!. Sy takut jg krn dia satu2nya dokter yg bilang boleh. Tp dia dg tenangnya dan tersenyum blg, ya...bisa.

Dia blg, jgn khawatir. Change kesembuhan xv bsr. Sy tny brp persen. 95 persen. Dg bodohnya sy tny, knp gak 100 persen. Lalu dia blg, org nyebrang jalan saja tdk ada change selamat 100 persen.

Dia jdwlkan xv mulai bisa di kemo hari senin, tanpa perlu biopsi maupun bone scan.

saat kemo, tubuhnya rentan dg virus.setlh 1 bln, jk blood count ok, xavier diijinkan bolak balik jkt-spore utk kemo.dg catatan super hati2 krn rentan bakteri. Tp skrg tdk boleh plg dl. Kami hrs cr tmpt tinggal yg bersih utk xavier.

Keluar dr ruangan itu, sy berfikir lg, 3hr lg xavier mulai di kemo. Tp jgnkan tempat tinggal. Sy tdk kenal siapa2 disini. Di ruang duduk, sy tny2 dg pasien yg kbykn org indo. Mrk blg, cr apartemen td semudah itu di spore. Kl pun ada, blm tntu cocok utk pasien yg sdg di kemo yg butuh kebersihan. Sy tny mrk tinggal gmn. Krn sewa apartement yg spt kemauan sy ternyata memang mahal Bingunglah saya.

Lalu sy teringat, mantan atasan sy punya anak yg sekolah di spore. Siapa tau dia py referensi tempat tinggal. Lalu sy hubungi beliau. sy kaget dg reaksinya. Veяα, sy sudah lama mau hubungi kamu. Sy dengar ttg xv. Tp sy takut kamu lg sedih, gak mau di ganggu.

Ibu ada apartement di daerah thomson. Selama xv berobat, tinggal saja di apartemen ibu. Disana ada 1 mbak yg bs bantu2 kamu, ada anak ibu jg yg tinggal disana krn masih sekolah. Kamu tidur nanti di kamar utama saja, itu kamar ibu. Ada WC didlm kamar shg kαレo メανιєя lg lemas, ga prlu jalan jauh2. Kamu besok datang dl kesna, kamu lihat apakah cocok. Semoga kamu cocok.

Sy terhenyak. Sy dpt apartement!!. Yesss thanks God.

Esoknya suami sy diminta dtg oleh prof quah utk dijrlaskan sekali lg mengenai xavier. Sungguh Prof Quah adl dokter yg baik..sabar dan berdedikaai. Bs saja suami tak perlu lg dijelaskan. Toh sy sudah dijelaskan dan bsk bukan jam praktek dia. Dan tidak dikenakan biaya konsul sama sekali.

Stlh ktmu prof, km ke apartemen ibu sekar. Sy tidak py bayangan apa2 mengenai apartemennya.dlm pikiran sy, setdknya sy pny satu option. Saat masuk ke gerbang apartemennya, sy bingung lg. Ini bukan apartemen. Ini kondomonium. Lalu saat naik ke apartemennya, sy kaget lg. Besar sekali, bersih sekali. Sy ingat kt ibu Sekar skrg, kmu lihat dl, semoga kamu cocok. What???. Ini lbh dr cocok. Sy org yg rewel dlm hal kebersihan, tp ini melebihi dr yg sy harapkan utk sebuah apartemen.

Kembali sy berfikir, sy hrs keluar biaya brp ini utk smua fasilitas ini. Sy harus realistis. Walaupun dia atasan saya, lbh baik sy tny soal biaya.kl memang sy sanggup,sy ambl.jk tdk,terpaksa sy cr yg lain. Krn apartemen biasa2 sj mahak sekali. Bgimana dg yg ini.

Belum sy tlp ibu sekar, dia duluan yg tlp sy tny bagaimana apakah sy cock dg tempatnya?. Ingin sy berteriak berkata, ibu...sy suka sekali tempatnya. I I ℓ♥vє it. Tp sy menahan diri. Lalu sy blg, brp biaya yg harus sy bayar. Tau apa yg ibu sekar blg?

Veяα, jng pikirkan soal biaya. Its free for xv. Tinggallah disitu selama xv berobat. Anggap rumahmu sndr. Kamu bs suruh mbak ke pasar beli2 keperluan makan.

Dia terus bicara, airmata saya tdk berhenti mengalir. God....thanks for all. Ini jawaban Tuhan utk sy. Sy minta 1 tanda saja, bhwa dia tidak lalui doa2 sy, tp sejak itu, pintu demi pintu terbuka buat sy.

Yg mengharukan, our Jesus is sooo sweet. Saat ini xv sedang py mainan favorite. sampai2 waktu di spore dia blg bisa tdk ya mainan itu dibawa ke spore utk dia main, krn pasti jenuh sekali 1 bln di spore tdk ada kegiatan apa2. Dia rindu mainannya. Tp untuk dibawa, rasanya susah. Selain hrs dibongkar lg, besar kemungkinan rusak krn fregile.

Nah, saat kami melangkah  masuk pertama kali ke apartemen ibu sekar, dihadapan kami, ada mainan yg xavier suka itu!. Kami ber-4 sampai sama2 berkata: wow....ada sylvanian!. Dan mainan yg di apartemen itu bhkn jauh lbh besar dan bagus drpd mainan py xv sndr. Kami takjub. Rupanya itu mainan anak ibu sekar yg skrg sudah mulai remaja jd cm jd pajangan. Betapa Tuhan sayang sm メανιєя. Dia sediakan semua yg terbaij utk xavιєя. Bahkan hak yg kecik sekalipun. Dokter yang baik, prosedur kemo terbaik, apartemen yg baik, bahkan free.

Senin, 6 mei, kemo pertama メανιєя dimulai. Kami berdua sepakat, setiap メανιєя menjalani kemo, kami akan berpuasa, dan setiap mulai pemasangan prosedur cairan kemo di mulai, kami tumpang tangan cairan tsb agar bermanfaat bagi tubuh メανιєя dan semua efek2 buruk dr obat itu dilenyapkan oleh kuasa darah Yesus.

Itu terus kami jalankan mulai dr kemo awal sampa kemo terakhr メανιєя di spore. Dan kami jg sepakat, apapun yg terjadi, sesibuk apapun kami, setiap kemo, kami suami istri hrs mendampingi dia demi memsupport メανιєя. Sementara kami di spore, Org tua dan adik2 sy silih berganti dtg ke spore utk membesuk メανιєя . Saking ingin menyenangkzn xv..saat kakaknya-Maxi sedang tryout kota utk UN, sy meminta Maxi ytk terbang ke spore tidak ikut ujian. メανιєя senang sekali ℳαxí dtg.

Menjelang kemo, Body lotion, cairan kumur khusus, lipgloss, semua sudah sy siapkan. Utk berjaga2 dikala efek kemo itu mulai datang. Krn sehari sebelum di kemo,sy diketemukan dg ahli gizi dan dokter lainnya, diberitahu kemungkinan dr efek kemo spt susah buang air, sariawan, bibir terluka,dll. Jd dianjurkan setiap habis makan, メανιєя hrs kumur2 dg cairan khusus.

Saat 1 putaran pertama メανιєя selesai, dengan cemas, sy memantau ketat kondisi メανιєя. Tp sy heran, tidak ada tanda apapun atau reaksi apapun terhadap diri メανιєя. Dia tetap ceria, tetap semangat, bahkan tidak mual dan tidak kehilangan selera makan sama sekali. Hal itu saya manfaatkan dg "memborbardir" メανιєя dengan sayur2an dan buah2an yg sy sendiri heran bs dihabiskan semua oleh メανιєя.  Dlm sehari, メανιєя bisa makan menu utama 5-6x dg porsi yg besar, 3x lbh byk dr porsi normalnya. Sbg contoh, bayam di spore itu bagus2 dan 1 ikat itu bs 2-3 ikat-nya bayam di indonesia. Sekali masak, sy sajikan dia 1 ikat bayam berikut kuahnya seukuran 2 mangkuk bakmi dan 1 porsi nasi, habis utk sekali makan. Itu diluar buah yg dimakan メανιєя 3-4x sehari plus air rebusan barley tanpa gula. Buah yg dimakan メανιєя juga bukan sedikit, sekali jus, dia bs makan 5-6 apel. Jeruk bisa 10-12 butir. Jika ditotal, sy perkirakan dlm sehari dia makan buah sekitar 2-3 kg. Dokter jg blg, usahakan minum byk. Sekitar 2 liter utk flush away kemo dr tubuhnya. Sy bikin kesepakatan dg メανιєя, dlm 1hr, kt targetkan メανιєя minum 3 liter. Dan itu selalu tercapai targetnya. Alhasil, dia dg lancarnya BAB.

Saat blood check, sluruh hasil cek darah メανιєя baik. Sy sampai bertny pd prof, prof...kok メανιєя gak muntah ya. Loh, bagus kan kαレo ga muntah, kt dokter. Trus dia jd lapar terus, sehari makan 5-6x. Dia teRtawa. Ini bukan efek obat loh, ktnya. Lalu sy bertnya, jgn2 prof ada ks obat/vit menambah nafsu makan/apa. Dia blg,tidak sm sekali. Xv cm diberikan kemoterapi 3 jenis obat, itu saja. Dan ketiga jenis obat itu tidak berefek menambah nafsu makan.

Kemo demi kemo dilalui, dan..... Luar biasa, tidak sekalipun dia drop. Bahkan dr wajahnya saja tidak pucat. Dan setiap memasangan alat utk cairan kemo, nadi xavier selalu bagus. Dalam pemantauan saya, setiap kemo hari pertama dia agak lelah, malamnya jd agak lesu seperti habis byk olah raga berat. Lalu hari ke-dua yg biasanya bs makan 5-6 x, menurun menjadi 4x saja. Selebihnya, tidak ada reaksi apapun.

Selama kemo.. xsvier diajarkan ct membuat clay oleh teman anaknya ibu sekar. Dia sibuk mengisi kekosongan waktu dengan bermain clay. Dia begitu senang bermain clay, sampai sy ajak jalan ke
Taman di bawah apartemen, dia tdk mau krn sibuk dg ide2 claynya. Shg tidak ada rasa bosan slma disana.
selama kemo, メανιєя tdk sekolah dimana saat itu final test utk kenaikan klsnya. Sekali lg Tuhan bekerja sempurna utk メανιєя. Pihak sekolah amat mendukung メανιєя. Sampai saat final test, soal2 dikirim ke spore lewat email. Di kerjakan oleh メανιєя lalu sy email kembali ke sekolah. Sehingga walau メανιєя harus kemo, dia bs ttp bs naik kelas. Thx God once again. Krn biasa ya anak yg mrnjalani kemoterapi..kemungkinan bsr tidak bs baik kelas krn byk pelajaran tettinggal. Sebulan stlh pemantauan atas blood count メανιєя, akhrnya dokter blg, メανιєя boleh pulang ke jkt dan kembali lg utk kemo sj. Krn blood count xavier amat bagus.

Selama di spore, km byk berkenalan dg sesama org indonesia yg anak2nya jg berobat disana. Mrk semua tidak mengijinkan kami plg mengingat kondisi indonesia yg kurang steril baik dr segi lingkungan maupun makanan. Blm lg suasana bandara jk kami pulang pergi yg pasti byk virusnya. Tp kami sudah bertekat utk pulang. Puji syukur, selama メανιєя di jkt, Kemo demi Kemo xv lalu, dengan ajaib semua berjalan dg kondisinya yg normal sepenuhnya. Blood count xv selalu Bagus, shg jdwl Kemo xv tdk sekalipun meleset.

Sy sempat berkenalan dg 2 Anak yg jg di Kemo dg obat yg sama dg メανιєя, dgn jenis tumor yg sama. di NUH jg. Herannya kedua2nya harus pakai port cath dan harus menginap di rs. Ada yg saat kemo,giginya sakit semua luar biasa. Sampai2 utk minum saja, rasanya ngilu spt mau rontok. Dan sehabis operasi, dia mengalami sakit bekas jahitan dan mengalami keputihan. Tg satu kg sekama kemo 1 sanpai kemo ke 3 nengalami muntah2. Selesai kemo pun berkali2 diare dan demam tinggi. 
Luar biasa xavier tidak sekalipun mengalami hal tsb diatas.

Saat km kembali ke jkt, kls ajaran baru sdh di mulai. Brrti メανιєя ketinggalkan pelajaran kls 4 sejak awal. Tp sklai lg Tuhan menolong メανιєя. Pihak sekolah mengirim buku2, PR,dll ke rmh. Bahkan gurunya dtg kermh utk memberikan ulangan buat メανιєя. Sampai saatnya メανιєя kembali ke sekolah, メανιєя ttp dpt mengikuti pelajaran.

Τнänκ чöü Tuhan Yesus Kristusku, kau menyelamatkan hidup anakku. Kau beri kami lbh dr yg kami pikirkan, dan bayangkan. Terima kasih tak terhingga, kau anugerahkan kesembuhan dan keajaiban utk メανιєя.

Tuhan mengajarkan pd saya utk berserah penuh atas kehendak Tuhan sj bukan dg kekuatan sy sendiri. Buktinya apa yg sy takutkan mengenai kemo bahwa tidak trjd sm skli pd xavier.
 
Tuhan ijinkan ini trrjadi krn ini ujian naik tingkat bagi saya agar sy menjadi lbh baik n hidup benar dihadapannya. Setiap melihat xavier saat ini,"sy tdk bs menahan diri utk berfijir betapa anugerah Tuhan tidak terbatas dan bukan hy org lain yg prnh mengalami mukjijat Tuhan. Tpi kami sndr pun mengalami mukjijat dr Tuhan. thank You Lord Jesus...

Popular Posts