pengampunan

Renungan gkkd Southers dan Bintaro,

"Pengampunan sekali dan untuk selamanya"

Luk 7:48 "lalu Ia berkata kepada perempuan itu: " Dosamu telah diampuni.
     Satu kali Tuhan Tuhan Yesus sedang dijamu makan  dirumah Simon orang Farisi, tiba2 datanglah seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa atau tepatnya "mantan" pelacur. Dia datang dengan membawa minyak yg sangat mahal yang ditaruh di pualam.

    Kemudian dia membasahi kaki Yesus dengan air matanya,menyeka dengan rambutnya lalu menciumi kaki Yesus dan meminyakinya dengan minyak wangi. (Luk 7:37-38)
     Tetapi hal yg bertolak-belakang dilakukan oleh Simon si pemilik Rumah. Dia memang mengajak Yesus datang ke rumahnya, tapi tdk menyambutnya. Dia tdk membasuh kaki Yesus dengan air dan tidak meminyaki kepala Yesus dengan minyak ( yg merupakan adat istiadat bangsa yahudi jika menerima tamu).(Luk 7:45-46)
       Saudaraku, hal ini sering terjadi digereja Tuhan. Kenapa ada sekelompok orang yang "MAMPU" memberikan dirinya, hidupnya,waktu dan masa depannya, kepada Tuhan, sedangkan yg lain tidak? Jawabannya ada dikata2 Yesus kepada Perempuan itu.."sesungguhnya dosanya yg banyak telah diampuni, itu sebabnya ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yg sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih. Luk 7:47
      Kata "TELAH DIAMPUNI" dalam bahasa yunani adalah Perfect Passive Indicative. Yg artinya perbuatan dimasa lampau yg dilakukan hanya satu kali dan tidak perlu diulang2, tapi akibatnya terjadi terus menerus.
Jadi sekarang kita mengerti, kenapa mantan pendosa ini mempersembahkan minyak yg mahal (diperkirakan harganya RP 35 jt-45-jt) untuk membasuh kaki Yesus? Karena sebelumnya (alkitab tdk mencatatnya) dia sudah mendengar bahwa dosanya yg banyak sudah diampuni. Dan dia PERCAYA. Maka dia MEMBERI BANYAK..tapi Simon tdk mengerti ttg keselamatan akibatnya DIA MEMBERI SEDIKIT.
    Berilah Hidupmu kpd Tuhan walaupun itu tetap tdk sebanding dgn Pengorbanan Yesus untuk menebus dosamu.

Popular Posts