sombong

Bacaan: Amsal 29:23"Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian."

Renungan:Ada seorang ilmuwan yang naik sebuha perahu bersama seorang nelayan untuk menikmati keindahan danau. Ilmuwan itu bertanya, "Apakah bapak pernah belajar ilmu fisika tentang energi angin dan matahari?" "Tidak!" jawab sang nelayan. "Kalau begitu engkau telah kehilangan seperempat peluang hidup," kata sang ilmuwan.

Kemudian sang ilmuwan bertanya lagi, "Apakah engkau pernah belajar tentang filsafat dan bahasa asing?" "Tidak", jawab sang nelayan. "Ooh.. Berarti engkau telah kehilangan tiga perempat peluang kehidupan." kata sang ilmuwan. Tiba-tiba angin kencang bertiup, sehingga perahu mereka terombang-ambing dan mulai oleng. Sang nelayan lalu bertanya pada sang ilmuwan, "Apakah anda pernah belajar berenang?" Dengan wajah pucat pasi karena takut, sang ilmuwan menjawab, "Tidak pernah." Nelayanpun berkata, "Ah, jika demikian bapak telah kehilangan semua peluang hidup bapak

."Kisah di atas memberikan pelajaran penting bagi kita agar jangan menyombongkan diri dan menganggap rendah orang lain. Sekalipun memiliki kelebihan, tapi kita tetap terbatas dan punya kelemahan di bidang lain. Kerendahan hati merupakan salah satu ciri dari tingkat kecerdasan emosional dan kedewasaan rohani seseorang.

Mari kita terus melatih diri untuk bisa memiliki kerendahan hati, karena Tuhan akan meninggikan orang-orang yang rendah hati. Tuhan memberkati kita.Doa:Yesus, ajarilah aku untuk menjadi pribadi yang rendah hati, karena kini kusadari bahwa semua kemampuan dan kesuksesan yang aku miliki adalah semata-mata karena pertolonganMu padaku.

Kini kukembalikan semua pujian dan keberhasilanku untuk kemuliaan namaMu. Pakailah aku sebagai alatMu, sehingga aku bisa menjadi berkat bagi banyak orang.

dari henny

Popular Posts