Gengsi

Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: "Pergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir."
Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata: "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN.Allahny, lalu menggerak-gerakan tangannya diatas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!
Bukankah Abana dan Parpar, sungai-sungai Damsyik, lebih baik dari segala sungai di Israel?
Bukankah aku dapat mandi di sana dan menjadi tahir?" Kemudian berpalinglah ia dan pergi dengan panas hati.
Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: "Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? Apalagi sekarang, ia hanya berkata kepadamu: mandilah dan engkau akan menjadi tahir."
2 Raja-raja 5:10-13

Seandainya ...
Mereka menyuruh aku ...
Melakukan perkara yang sukar ...

Aku sanggup ...
Aku mau ...

Tetapi ...
Yang ini ...
Memang kelihatannya mudah ...
Seperti 'mandi di sungai Yordan' ...

Ah TUHAN ...
Ini bukan masalah sukar atau mudah ...
Tetapi ...
Masak aku harus melakukannya ...?

Itu kan bukan bagian ku ...
Itu cukup dikerjakan oleh mereka ...

Aku ini sudah tua TUHAN ...
Orang memanggilku 'senior' ...
Masak aku harus melakukannya ...

Jujur TUHAN ...
Aku Malu....
Gengsi ...

Itukah pergumulan kita saat ini ...?
Benarkah kita sudah terlalu tinggi ...
Untuk melangkah turun ...?

Benarkah usia kita ...
Kedudukan kita ...
Jabatan kita ...
Membuat kita tidak pantas lagi ...
Melakukan hal-hal kecil ...?

Jangan-jangan ...
Kesombongan kita itulah ...
Yang menghambat berkat TUHAN ...
Datang pada kita ...?

Yang menghambat ...
'Kusta-kusta' kita ...
Ditahbiskan ...?

Sedangkan Yesus ...
Masih rela turun jadi manusia ...

Masihkah kita merasa ...
Terlalu tinggi untuk turun ...?
dari Winda

Popular Posts