Renungan Cermin pribadi : lima hal yang kamu harus jadikan prinsip hidup


Bacaan:  Ada lima hal yang perlu ditanamkan dalam hidup kamu. Yaitu dasar dari kehidupan ini, adalah 1) Yesus, 2) Keuangan, 3) Saling keuangan, 4) Keluarga, 5) Pergaulan. Mari kita bahas satu satu.

1.Yesus : 2 kor 6:14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? ( 2 kor 6:14  Be ye not unequally yoked together with unbelievers: for what fellowship hath righteousness with unrighteousness? and what communion hath light with darkness? ). Ayat ini jelas mengatakan dan memberikan pagar yang harus diikuti. Harus mendapatkan pasangan yang seimbang. Pesannya tidak usah mencoba coba dengan tujuan apapun.
Renungan : dalam kenyataan hidup, banyak juga yang menentang ayat ini dengan alasannya masing masing. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa ?. Hanya kalau kita mencari jawaban atas pertanyaan itu, tidak akan selesai dan kita tidak akan maju ke depan. Ingat di alkitab memang melarang keras untuk yang pertama kali, kalau yang sudah dalam keadaan seperti itu, alkitab juga mengatur keadaan itu, ada di 1kor7:12  Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.7:13  Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.7:14  Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.7:15  Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. Ada dua kondisi yang pertama baru mau menikah tidak boleh memilih pasangan yang tidak seimbang, yang lain kepercayaan. Yang kedua yang sudah menikah dengan lain kepercayaan, ada dua pilihan lanjut atau bercerai, hanya dari pihak beda kepercayaan. Mengenai ini keputusan di tangan saudara masing masing. Firman sudah memberi contoh kepada saudara.

Komitmen : mari kita semua mengikuti firman Tuhan, tidak perlu mencoba coba

Pertanyaan diri sendiri : sudahkah saya mengikuti firman Tuhan ??

Popular Posts