Renungan Cermin pribadi : lima hal yang kamu harus jadikan prinsip hidup


Bacaan: Ada lima hal yang perlu ditanamkan dalam hidup kamu. Yaitu dasar dari kehidupan ini, adalah 1) Yesus, 2) Keuangan, 3) Saling keuangan, 4) Keluarga, 5) Pergaulan. Mari kita bahas satu satu.

4.Keluarga : 1 yoh 3:15  Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya. 1 yoh_4:20  Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 1 yoh 4:21  Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya. 1 Tim_5:8  Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

Renungan : ini adalah suatu yang lumrah untuk mengirimkan orang tua ke panti jompo atau tidak mau mengurus di rumah atau dengan berbagai alasan untuk tidak merawat saudara (kandung, dekat, jauh,dll). Memang suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, itu semua terjadi. Firman ini hampir tidak cocok dengan zaman sekarang, hanya cocok untuk zaman dulu/zaman alkitab. Apakah itu pernyataan yang benar?. Ternyata apa yang tertulis di firman Tuhan/di alkitab, selalu berlaku dari dulu sampai selama lamanya. Hanya saja perlu penyesuaian dan perjuangan untuk melakukannya itu, bukan berarti tidak bisa.

Ayatnya jelas, bagaimana mengasihi Allah,Yesus Tuhan, hanya membenci saudaranya atau bagaimana mengasihi Dia yang tidak terlihat, jika yang terlihat tidak dikasihi ?. dalam konteks ini hal fisik merupakan tolok ukur dalam kedalaman mengasihi Yesus Tuhan.
Komitmen : kita sama sama mengasihi yang terlihat, yang sama artinya mengasihi Tuhan Yesus

Pertanyaan diri sendiri : sudahkan saya mengasihi orang tua/kakak/adik/saudara ?. Tuhan Yesus mengasihi

Popular Posts