Renungan Cermin pribadi : kecewa dalam alkitab hanya di temui 8 ayat.


Bacaan: ayub 6:20  tetapi mereka kecewa karena keyakinan mereka, mereka tertipu setibanya di sana.
Yer 14:4  Pekerjaan di ladang sudah terhenti, sebab hujan tiada turun di negeri, maka petani-petani merasa kecewa dan menyelubungi kepala mereka. Mat 11:6  Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku." Mat 13:57  Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." Mar 6:3  Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.
Mar 10:22  Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya.
Luk 7:23  Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."
Yoh 16:1  "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.

Di dalam kamus bahasa indonesia : kecewa 1.kecil hati; tidak puas (karena tidak terkabul keinginannya, harapannya, dan sebagainya); tidak senang: kami -- terhadap penyambutannya yang dingin; 2 cacat; cela: tidak ada -- nya; 3. gagal (tidak berhasil) dalam usahanya dan sebagainya: segala tindakan pengamanan akan tetap -- jika biang keladi kejahatannya tidak dibasmi.

Renungan : dalam semua ayat ini kecewa yang dimaksud adalah karena keingginan yang tidak terkabul, harapan yang tidak terwujud. Akhir dari kecewa adalah menolak. Contoh : saya menunggu teman di sebuah mal. Setelah menunggu tiga jam, maka saya menjadi kecewa dan akhirnya saya pulang ke rumah, karena teman saya kaga ada kabar, saya telepon nomornya kaga aktif. Contoh diatas sepertinya pernah kamu alami. Sama seperti kepada Yesus Tuhan, mereka mempunyai harapan masing masing, dan mereka tidak mendapatkannya dari Yesus Tuhan, bahkan Yesus mati diatas kayu salib, mereka berpikir Yesus akan membebaskan mereka secara fisik dari romawi. Kenyataannya Yesus sedang membawa lebih daripada fisik. Jiwa, rohani, hidup setelah kematian di dunia. Pesannya: kalau kamu punya harapan dan sepertinya Yesus tidak memberikan secara fisik, cobalah melihat dari sudut pandang Yesus, pasti kamu tidak akan kecewa, bahkan kamu bersyukur bahwa harapan kamu tidak terkabul.

Komitmen : marilah kita tidak menjadi kecewa karena keinginan kita tidak terpenuhi

Pertanyaan diri sendiri : sudahkah saya menjadi orang yang bersyukur ?. Tuhan Yesus mengasihi

Popular Posts