Renungan : Mengokohkan kamu


Bacaan:
1 Pet 5:8  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 5:9  Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. 5:10  Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. 5:11  Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Renungan : tahun 2017, sampai nanti Tuhan Yesus datang, keadaan tidak menjadi baik. Karena itu Dia sudah memberikan cara agar kita bisa bertahan. Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari.

Di ayat 8, ada kata sadarlah. Artinya adalah kita mengetahui keadaan di sekeliling kita. Baik atau buruk, bagus atau jelek, dll. Setelah kita tahu keadaannya, perlu kita ketahui dan tentu sadar bahwa iblis berjalan keliling dengan suaranya berusaha untuk mengintimidasi kita, untuk menjadi takut, khawatir, sedih berlarut larut, depresi, dll, agar kita menjauh daripada Tuhan Yesus.

Kata berkeliling disini artinya mencari kelemahan dari pada kita, untuk iblis bisa membuat kita jauh dari Tuhan Yesus. Iblis bersuara, bukan dengan giginya, atau cakarnya. Disini respon kita, kepada keadaan sekeliling kita, yang penting.

Kata telan disini artinya membuka diri terhadap serangan iblis, menjadi takut, menjadi khawatir, menjadi sedih berlarut larut, menjadi depresi, dll. Ini semua berbicara pola pikir kita. Iblis bermain di pola pikir

Ayat 9, berbicara bahwa seluruh orang di dunia, memiliki penderitaannya. Jadi tidak ada yang bisa berkata bahwa dia yang paling menderita di dunia ini. Siapa yang berhak berkata seperti itu. Ingat, tidak boleh kita membanding bandingkan, diri kita sendiri dengan orang lain.

Ayat 10, berbicara bahwa Yesus adalah sumber kasih karunia, untuk menjadikan kita dilengkapi, diteguhkan, dikuatkan dan dikokohkan di dalam Yesus kristus. Jadi percaya bahwa bersama Yesus, semua keadaan bisa dilewati

Yang pasti adalah penderitaan itu tidak abadi, akan selalu dapat dilewati, walau dengan kondisi apapun. Tetap semangat, tetap kuat. Yang abadi itu adalah Tuhan Yesus dan perintah-Nya.

Komitmen : saya akan menguatkan diri saya, terdapat serangan iblis, di dalam Yesus Tuhan.
Sumber : oleh Markus, precious family, 23 jan 2017, jam 14.00

Popular Posts